Lukis kaligrafi kontemporer

image

image

Lukis kaligrafi kontemporer, kontemporer berasal dari karya yang dianggap berbeda dari sebelumnya dan dianggap ide yang baru serta muncul dari hiruk-pikuk dunia moderenisasi. Namun kaligrafi jenis kontemporer ini menuai pro dan kontra. Pendapat pertama ada yang setuju bahwa karya kaligrafi jenis ini murni datang dari dunia modern dan tidak mengikuti aspek tradisional seperti halnya jenis khat yang sudah umum diketahui. Namun memunculkan ide-ide baru yang dikombinasi dengan lingkungan sekitar sehingga terkesan seperti dunia maya yang bisa dihadirkan, mirip dengan surealime.

Pendapat kedua adalah mengkombinasikan antara moderenisasi yaitu teknik lukis dengan khat yang benar atau gaya tulisan yang disetujui. Dalam pendapat ini sang penggubah dituntut untuk menguasai teknik dan komposisi untuk menyatukan dua kesan yang berbeda, sehingga karya ini bisa saling memberikan dukungan estetik. Jika tidak bisa menguasai teknik realis maka karya ini akan terkesan seperti aliran seni lukis dekoratif, sehingga sentuhan akhirnya akan sama dengan jenis kaligrafi dekorasi.

Jika boleh berpendapat, jika dalam karya ini (kaligrafi kontemporer) harus mampu untuk membuat karya yang benar-benar total, jika ingin seperti lukisan surealis, maka harus mampu untuk merealisasikan mimpi menjadi nyata dalam bentuk bidang dua dimensi. Tidak ada dua, tiga dan empat rasa dalam sebuah karya.

Semoga bermanfaat

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in kaligrafi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s