Doodle art ataukah aliran diseni lukis/painting

Doodle art ataukah aliran diseni lukis/painting di zaman sekarang. Ada beberapa aliran atau kelompok paham ataukah gaya dalam berkarya lukis, tapi yang terpenting adalah berkarya unik, beda dan menarik, seperti halnya aliran yang satu ini doodle art. Apa sih sebenarnya doodle art itu….

Aliran dalam seni lukis sangatlah beragam, dan pembacapun berhak untuk membuat aliran baru dan nama baru terkait dengan aliran yang sudah ada, tapi karya dan teknik yang dilakukan harus benar-benar ada perbedaannya dengan aliran-aliran seni lukis yang ada.

Doodle art ataukah aliran diseni lukis/painting. Doodle art sepertinya lagi banyak digemari. Coretan, gaya, karakter dan bentuk-bentuk dalam karya yang mencerminkan hal-hal yang bersifat fantasi, sehingga perupa tersebut mampu menggubah suasana pada suasana yang lain untuk menceritakan pesan dan kesan dalam karya tersebut, sehingga perupa dapat memunculkan gubahan yang berbeda, seperti halnya doodle art yang banyak digemari untuk masa saat ini. Dilihat dari penggunaan alat, bahan dan media yang digunakan cukup sederhana. Dapat dilakukan kapan saja, dimana saja untuk meluapkan keinginan hasratnya untuk berkarya. Menurut pengamatan saya, karya doodle art tetsebut mempunyai bebeberapa kemiripan dengan vignet, vignet tersebut dilakukan untuk mengisi bidang yang kosong, halaman yang kosong, dan kadang vignet tersebut tidak ada hubungannya dengan isi konten, sedangkan doodle berasal dari fantasi bentuk yang ringan, terkesan lucu, kadang ada beberap bentuk yang mengisyaratkan pada rupa tertentu, biasanya hal ini dilakukan pada kertas gambar, pada bungkus produk, tembok ataupun hanya untuk membuat coretan yang didasarkan pada hal pencarian karakter/identitas.

Vignet dan doodle art ini cenderung menggunakan tekanan hitam dan putih, ada juga menambahkan warna yang lainnya, tapi yang sangat dominan adalah putih dan hitam. Doodle art ataukah aliran di seni lukis/painting.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in painting and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s