Illustrasi manusia sebagai objek ujian

image

Manusia. Manusia seperti hidup di hutan antara belantara-belantara kerasnya hidup, seperti yang terjadi pada manusia sebagai objek Ujian dan diuji, jatuh pada manusia, mengapa demikian, ini illustrasinya…

image

Ujian dan diuji, jatuh pada manusia, mengapa demikian, sebgai objek manusia yang menjadi peminpin untuk yang lainnya dan menjadi peminpin untuk dirinya sendiri.

Manusia yang baik adalah manusia yang berguna untuk manusia yang lainnya, yang menjadi pertanyaanya adalah mengapa manusia menjadi objek ujian dan diuji? Dengan kata lain mengapa manusia diuji?

Seperti halnya ketika ketika duduk di bangku sekolah, semua siswa harus mengikuti ujian, jika ingin naik kelas/naik tingkat sehingga mendapatkan nilai yang diharapkan, ada nilai yang biasa dan ada nilai yang memuaskan. Nilai yang biasa patsi tidak belajar atau tidak mengerti materi yang diberikan oleh seorang guru, sedangkan semua siswa sudah menerima buku paket dan materi yang sama, hal yang berbeda adalah daya tangkap dan daya imajinasi yang berbeda pada setiap siswa.

Jika ingin naik kelas maka siswa tersebut harus belajar dan bersabar untuk menunggu saat ujian tiba. Bahkan ujian itu akan terjadi pada setiap siswa. Apalagi sebagai kholifah di bumi/sebagai manusia.

Semoga setiap manusia diberi kesabaran untuk menjalani ujian hidup sebagai manusia. Semoga Renungan, harapan, dan keikhlasan berujung pada kesabaran. Amin.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in illustrasi, Illustrata and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s