Bank abadi, ulem-ulem

image

Budaya setempat adalah simbol keutuhan masyarakat dari sebuah kelompok manusia, dari beberapa kesepakatan yang disetujui dan dilakukan secara turun temurun, yaitu Bank abadi, ulem-ulem. Bukan masalah Banknya abadi tapi budaya ulem-ulem tersebut. Apasih menariknya…

Ulem-ulem sama dengan kaolemman, di Situbondo dan Bondowoso budaya ini sangat populer pada saat keluarga mengadakan pesta pernikahan dan acara sunatan/khitanan, namun untuk khitanan jarang sekali mengadakan acara ulem-ulem tersebut, yang sangat biasa adalah pernikanan yang sering melakukan serangkaian ulem-ulem tersebut. Ulem-ulem adalah kegiatan mengundang saudara, tetangga, teman atau handaitolan untuk menghadiri malam pesta pernikahan. Acara ini sering dilakukan pada saat malam hari dan mempelai berdua dipajang untuk menyambut tamu.

Uniknya kegiatan Ulem-ulem ini sama seperti halnya Bank, datanya sangat akurat seperti menyumbang berapa dan yang disumbang berapa, sedangkan data tersebut akan tetap ada selama belum mengembalikan sumbagan yang disimbangkan orang lain pada acara tersebut, bisa-bisa data tersebut dilanjutkan oleh keturunannya baik data yang pernah disumbangkan atau data penyumbang.

Ulem-ulem ulem tersebut sangat populer sekali di budaya Situbondo dan Bondowoso, Jawa Timur. Entah kapan budaya ini dimulai?

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in Budaya and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s