Selalu ada motif ular, ada apa sih dengan ular pada sangkar ayam bekisar

image

Sangkar ayam bekisar ini berada di RS Abd. Rahem, Situbondo. Mungkin juga sangkar ayam bekisar berada di kantor-kantor pemerintahan di Indonesia. Mengapa Selalu ada motif ular, ada apa sih dengan ular pada sangkar ayam bekisar ini, dalam kehidupan sehari-hari sering melihat visual ular entah pada pintu masuk candi, relief, kuburan, perahu dan logo di masa modern ini…mengapa harus ular

image

Dilihat dari fisiknya ular dibagi menjadi dua, yaitu ular yang ukuranya besar dan ular yang ukurannya kecil, ular yang berukuran besar biadanya tidak berbisa, seperti ular piton, sedangkan ular yang berukuran kecil biasanya berbisa. Adapun kriteria lain tentang ular seperti warna. Warna pada ular juga memberikan karakter keganasannya pada ular tersebut, semakin cerah dan semakin terang biasanya ular tersebut semakin berbisa, itu ular secara fisik. Adapun prilaku ular yang berbeda dengan hewan yang lain seperti cerdas, banyak taktik, sabar dan dia tahu bagaimana harus bersikap jika berhadapan dengan mangsanya, baik mangsa yang besar atau yang kecil.

Ketika ragam hias Indonesia yang sering kali muncul motif ular, di luar budaya Indonesia ular juga menjadi maskot sepeti naga berkaki empat, itupun masih dalam karakter ular. Ada apa sebenarnya dengan makhluk yang satu ini?

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in ragam hias and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Selalu ada motif ular, ada apa sih dengan ular pada sangkar ayam bekisar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s