Layangan, apa juga tetmasuk karya seni rupa?

image

http://www.senibenni.com Layangan, apa juga tetmasuk karya seni rupa?  di masyarakat layangan merupakan bagian dari permainan tradisional yang telah lama berkembang, memang dikalangan akademisi seni rupa, layangan menjadi perdebatan pro dan kontra terkait layangan sebgai karya seni rupa, untuk mengetahi jawabannya baca lebih lanjut…

image

Layangan sangat banyak macamnya, dari langan adu putu sampai layangan yang bermotif. Layangan kerap sekali identik dengan budaya Indonesia, meskipun budaya lain yang juga mempunyai budaya layangan juga.

Di tahun 2003 saya masih duduk di semester tiga seni rupa, pernah diperdebatkan, bahwa layangan mengalami perdebatan apakah masuk pada karya seni rupa atau tidak, yang mendasari bahwa layangan bukan karya seni rupa, karena layangan tidak bisa bertahan lama dilihat dari segi bahan yang digunakan, saya menangkap dari isu tetsebut bahwa layangan ini dikhawatirkan tidak dapat bertahan lama dan pada akhirnya tidak bisa menunjukka diri sebagai layangan untuk generasi berikutnya. Benar juga di zaman tersebut media rekam memang terbatas.

Akan tetapi di zaman sekarang saya lebih setuju jika layangan dimasukkan kedalam ranah karya seni rupa, bahkan karya singkatpun bisa digolongkan pada karya seni rupa, karena memanfaatkan media rekam, sehingga yang dipamerkan adalah karya seni rupa yang didokumentasikan, baik dipamerkan prosesya maupun hasil akhirnya.

Karena layangan dilihat dari fisiknya terdapat permainan garis dan bentuk, meskipun bentuknya sangat sederhana, dari segi teknik pewarnaan para perupa layangan ada yang mengginakan teknik cetak dan teknik lukis, itulah pemaparan saya tentang layangan yang merupakan bagian dari karya seni rupa, bagaimana merut pembaca?


Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in lukis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s