Mewarnai, bisa menjadi penyakit dimasa mendatang

image

Kegitan mewarnai, hendaknya lebih sportif terhadap anak didik yang diampunya, jika anak didik terutama diusia dini selalu disuapi pada saat anak tersebut menentukan pilihannya. Mewarnai, bisa menjadi penyakit dimasa mendatang, jika seorang pendidik tidak nemantau dan mengarahkan, ini penyakitnya…

Maaf, saya sendri merasa heran ketika dari awal seorang siswa disekolah menengah masih mengingat masa lalau pada saat mereka berada di pendidikan usia dini dan TK, pada saat saya mencoba memberikan materi melukis.

Yang paling menarik pada saat saya ditanya oleh anak saya yang masih dibangku sekolah dasar kelas 1. “Ayah kalau warnanya jalan apa?” saya menjawabnya “o ya kamu pernah ke jalan, kira-kira warna yang mana mirip dengan aspal itu apa?” saya balik tanya “ini yah” ternyata dia menunjuk warna abu-abu. Saya sendiri tidak pernah menunjuk sebuah warna ketika dia bertanya, hanya saja saya merangsang anak tersebut agar memilihnya sendiri, yang menjadi pertanyaannya adalah, mengapa seorang ayah tidak pernah memberikan jawaban yang pasti terhadap warna yang ditanya? Jawabannya adalah, ketika anak selalu disuapi, maka otak kanannya tidak akan petnah diasa dan tidak akan pernah mandiri, serta harapan yang tetakhir adalah bertanggung jawab terhadap pendiriannya sendiri sejak awal. Pada saat dia berada di SMP dan selanjutnya di SMA, maka akan terbisa berfikir terhadap dirinya sendiri tethadap apa yang akan diputuskan sebagai tindakan akhir dan rencana selanjutnya. Merujuk pada perkembangan anak masa kini yang pernah saya lihat.

Itulah fungsi dari pendidkan seni diberikan pada saat usia dini, untuk membangun karakter, berpendirian dan bertanggung jawab. Terima kasih telah berkunjung, dan semoga bermanfaat.

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in gambar anak and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

