Jajanan pasar, dilirik kembali

image

Diera majunya teknologi, seiring baerkembangnya budaya kuliner, baik dari dalam negeri maupun budaya kuliner yang datang dari luar Indonesia. Jajanan pasar, dilirik kembali, diera kemajuan teknologi sehingga menimbulkan kebosanan juga, dimasa lalu pernah ada, datang budaya kuliner yang baru, saat ini kembali ke jajanan pasar yang cendrung tidak terlalu banyak menggunakan bahan yang mengandung 5p, yaitu: perasa, penyedap, pengenyal, pengawet dan pewarna, apa saja jajanannya…

image

Jajanan Indonesia banyak menyimpan misteri, dari segi proses dan resep kuliner tersebut. Indonesia adalah belahan dunia yang menyediakan banyak bahan-bahan dari sandang, pangan dan papan.

Adapun nama-nama jajanan tersebut. Dari sebelah kiri yaitu:

Kelepon. Jika anda mau makan kue yang satu ini hendaknya berhati-hati dengan lingkungan sekitar dan baju anda, gigit yang pasti jangan ragu, jika anda ragu maka kelepon tersebut akan meledak…gula merahnya akan kemana-mana.

Lumpur. Eh bukan lumpur yang dimsksud, entah kenapa dan ada apa dengan nama tersebut, kue ini sangat cocok disajikan pada saat pagi hari dan gerimis, sedangkan pelengkapnya adalah teh manis, tapi lebih nikmat dengan kopi, jika anda penyuka kopi.

Reng-ireng. Ireng adalah berasal dari bahasa jawa yang berarti hitam/black. Kue ini biasanya lebih indah dan menarik jika ditaburi parutan kelapa, wah nantap jika ada dipagi hari…mmm pasti sangat berkesan.

Bukkhul. Bukan book cool. Jajanan ini terbuat dari gaplek yang dikukus dan dicampur dengan gula merah dan ditaburi parutan kelapa.

Bingka. Bingka ini terbuat dari beras ketan putih dan parutan kelapa. Rasanya manis dan legit, gandengannya teh manis dan kopi.

Lemper. Lemper membuat saya lapar, masih di beras ketan di isi dengan parutan kelapa dan daging. Setelah matang dibungkus dengan daun pisang, mmmm ..aromanya sedap.

Itulah beberapa jajanan Indonesia yang kembali populer. Biasanya jajanan ini hanya berumur empat jam, dam harus dimakan, kecuali Bingka, untuk kue yang satu ini bisa tahan  sampai 24 jam jika pengolahannya  benar. Itulah nama jajanan pasar di Indonesia.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in kuliner and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s