Kaligrafi Arab kontemporer dan seni rupa, apa kaitannya?

Kaligrafi Arab kontemporer dan seni rupa, apa kaitannya? Dari namanya saja banyak menimbulkan penafsiran berbeda tetkait dengan karya seni yang satu ini, dilihat dari kata kuncinya ada kaligrafi, kontemporer, seni dan rupa, ini pembahasannya…

Kaligrafi. Kata kaligrafi selalu indentik dengan tulisan Arab, karena masyarakat selalu mengaitkan pada sebuah budaya tulis yaitu bahasa Arab, padahal kaligrafi itu tidak hanya jatuh pada tulisan yang berbasis pada budaya tulis Arab tersebut.

Kaligrafi merupakan kata umum yang merujuk pada beberapa kebudayaan yang menghasilkan budaya tulis, sehingga tulisan tersebut terlihat indah, nyaman dipandang, dan yang paling identik degan kaligrafi adalah tulisan yang indah, terkait dengan budaya manapun, hal yang terpenting adalah sebuah tulisan yang indah dan tidak menyalahi dari fungsi tulisan tetsebut yaitu tetap bisa dibaca. Indah tapi tidak bisa dibaca, tapi beda lagi dengan ungkapan tidak bisa membaca. Contoh kaligrafi Cina, tulisan indah, bagi budaya mereka tetap bisa dibaca, tapi diluar budaya mereka, sebagian tidak bisa membaca kaligrafi tetsebut karena tidak mengerti. Bahwa kaligrafi adalah tulisan indah yang bisa dibaca. Karena keterbacaan tersebut adalah fungsi dari tlisan, sehinga pesan yang ingin disampaikan, sampai pada penikmat.

Sedangkan kontemporer adalah sesua yang terjadi pada masa kekinian, namun jejak-jejak masa lalu yang menjadi rujukannya, seperti kekinian, baru, berbeda, dan perubahan. Dalam kaligrafi kontemporer adalah sebuah aliran baru yang memaksa untuk menujukkan kepopulerannya disuatu masa, seperti masa saat ini, seperti kaligrafi kontempirer yang memaksa untuk bergandeng tangan dengan seni lukis, sedangkan seni lukis sendiri memiliki beberapa aliran yang dapat menampilkan perbedaan-perbedaan visual. Dari beberapa yang saya baca dan melakukan komunikasi dengan guru-guru yang piawai menulis tulisan indah tersebut (kaligrafi Arab) memang berbeda pendapat.

1. Pendapat ini memberikan gambaran bahwa kaligrafi kontemporer adalah khazanah baru yang muncul dizaman kinian terkait dengan keinginan pelukis muslim yang ingin menampilkan hal yang berbeda dari jenis-jenis kaligrafi tradisional yang sama persis dari negeri asalnya. Tipografi Arab yang digabungkan dengan seni lukis, disini akan muncul khazanah baru seperti kaligrafi Arab yang dipadu dengan salah sati aliran seni lukis surrealis, maka kaligrafi ini akan menimbulkan kesan-kesan yang berbeda, dibandingkan dengan seni lukis dekoratif.

2. Kaligrafi kontemporer yang menggabungkan teknik tradisional dan modern, menggunakan teknik lukis, yang memaksa menggunakan kaidah-kaidah seni lukis, namun untuk isian kaliggrafinya menggunakan kaligrafi gaya-gaya tulisan tradisional, yaitu penggabungan antara seni lukis dan kaligrafi arab tradisional.

Dari pendapat-pendapat tetsebut menimbulkan khanah-khazanah baru yang dapat memperkaya dan berkembangnya budaya rupa yang tetjadi di tanah air dan dunia.

Yang terpenting adalah terus belajar, mencari, berkarya dan berkarya, dengan cara berproses, secara tidak langsung akan membah khazanah baru dalam berkesenian, semoga tulisan ini bermanfaat.

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in kaligrafi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s