Bakso, apasih bakso itu?

image

Mie bakso "Bakso Solo" cak Bagong, Panarukan, Situbondo

Bakso, apasih bakso itu? Kuliner yang satu ini sangat terkenal di Indonesia, bahkan yang menjual dan peminatnya sangat berfariasi, seperti penjualnya saja dari pedagang kaki lima sampai kelas restoran, begitu juga dari penikmat bakso yang kelas bawah sampai status sosial yang tinggi. Mmmm bakso ada apa denganmu…

Ayo kita kenali terlebih terlebih dahulu dari sebuah nama yang mepunyai sebutan Bakso itu, ternya bakso sudah ada sejak abad ke 17 yaitu dari kuliner Tionghoa, selai kata bakso di Indonesia juga ada beberapa kata yang mengandung kata “Bak” seperti bakpao dan bakwan, dalam bahasa Hokkian “bak” itu berarti babi dan “so” adalah makanan, jadi bakso adalah makanan yang terbuat dari daging babi. Seiring dengan perkembangan budaya di Indonesia, sedangkan untuk saat ini daging babi diganti dengan daging sapi, ayam dan ikan. (Sumber: http://kovoid.blogspot.com)

Setelah bakso, bakso sendiri mengalami persilangan dengan keluarga mie, sehingga menjadi “nama mie bakso”, yang terdiri dari mie ayan dan bola daging, yaitu bakso.

Bakso yang terkenal biasanya ada dua nama yaitu bakso Malang dan bakso solo, entah kenapa dua kota tersebut menjadi panduan untuk pemilihan kuliner Indonesia yang berhubungan dengan bakso, di desa saya saja, jauh di timur sana, yaitu Situbondo, Jatim rata-mereka berasal dari solo, dan selalu memberi embel-embel bakso solo baru nama penjualnya, woww…keren. Selamat mencari bakso yang paling enak di kota anda!

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in kuliner and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s