Mobil hias menelan dana 80-100 juta IDR.

image

Mobil hias di Situbondo

Mobil hias menelan dana 80-100 juta IDR.  Wah ini bukan main, untuk kelas kota kecil mobil hiasnya menelan dana 80-100 juta IDR, itu yang dikatakan oleh salah satu penabuh gamelannya dari mobil hias tetsebut. Seperti apa sih…

image

Mobil hias yang menelan dana sebesar 80-100 juta

image

Mengusung tema "Sabda Pandita Ratu"

Mobil hias tersebut didesain untuk keperluan bisa dibongkar dan dipasang/dengan kata lain yaitu mobil hias bongkar pasang dan bisa dipakai berkali-kali. Mobil hias tersebut adalah milik dari Yayasan Sarji Arrasyid yang berada di Jalan Sucipto, Dawuhan, Situbondo. Mobil hias tersebut mengusung tema “Sabda Pandita Ratu” seperti imajinasi-imajinasi film Indonesia ditahun 1990.

Bahan yang digunakan adalah dari jenis spon/karet, dipasaran dikenal dengan spon topi, sedangkan kerangkanya menggunakan sasis dua mobil cerry yang digabung menjadi satu, itu kerangka bawahya/pondasinya, sedangkan kerangka atasnya menggunakan besi cor dengan bermacam ukuran, Secara tekniks mobil hias tersebut menggunakan teknik bongkar pasang dan menggunakan daya dorong manusia pada saat tampil/jalan, adapun bagian dari pekerjaannya seperti pengaman jalan, tenaga yang mendorong mobil hiasnya, dan penabuh seperangkat gamelan yang dipadu dengan alat musik perkusi, keren juga.

Secara visual mobil hias tersebut nampak meminjam etnik dari pulau sebrang yatu Bali, nampak sekilas Barong dan ragam hias patra Cina, yaitu ragam hias Cina yang populer di Bali, selalu memggunakan warna prada/emas/gold. Terlihat juga bendera yang menjulur keatas, seperti bendera pada masa kejayaan Majapahit. Sedangkan musik yang dimainkan bernuansa gamelan Bali, cepat, rancak, dan renyah sangat kental sekali nuansa etniknya, Keren.

Yang terpenting adalah berbuat untuk bangsa dan negara sekaligus menjaga kelestarian budaya Indonesia. Terima kasih anda telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in mobil hias and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Mobil hias menelan dana 80-100 juta IDR.

  1. Rideralam says:

    Kasih paragraf Pak

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s