Pernahkan anda berfikir bahwa sketsa(sketching) dan gambar(drawing) itu sama atau berbeda, ini jawabannya

sketsa adalah

Pernahkan anda berfikir bahwa sketsa(sketching) dan gambar(drawing) itu sama atau berbeda, ini jawabannya! atau anda akan ditanya tentang keduanya, apa yang dimaksud dengan sketsa, dan apa yang dimaksud dengan gambar, dimasyarakat kebanyakan selalu berfikir yang rancu dan ragu, ini jawabannya

sketsa motor

Sketsa, Ramliong 2016

 

sketsa sepeda

sketsa, Ramliong 2016

 

sketsa perempuan

Sketsa, Leigh Ann Simpson High School Art and Photography teacher

 

sketsa untuk merekam

Sketsa, Leigh Ann Simpson High School Art and Photography teacher

Di masyarakat kebanyakan berpendapat bahwa sketsa dan gambar itu beda, ada yang berfikir bahwa sketsa dan gambar itu sama. Untuk membedakan ataukah sama dari kedua pendapat tersebut mari kita buktikan keduanya, apakah sama ataukah berbeda. Anda siapkan alat tulis dan media kertas, buatlah visual dari yang anda fikirkan, kerjakan sehingga pekerjaan itu dianggap selesai, degan catatan anda harus serius dan mersakan setip apa yang anda buat, dan setiap kali menggores masukkan kedalam hati dan rekam dipikiran anda, setelah proyek ini selesai, jika masih belum mersakan apa-apa, anda perlu mencobanya lagi, bila sudah tersa capek dan letih, maka itu adalah jawabannya, bahkan anda sudah bisa membedakannya sendiri.

Pada saat anda berproses membuat sebuah visual, maka anda akan mendahuluiya dengan coretan-coretan ringan, merekam objek yang dilihat kedalam dua dimensi, mencari bentuk, konsentrasi tinggi, proporsiaonal, sehingga mendapatkan visual yang dinginkan, akan tetapi itu masih dalam bentuk yang sangat ringan, sederhana dan butuh penyempurnaan disana-sisni, akan tetapi visual yang direkam/yang dicari sudah nampak, inilah yang disebut sketsa(sketching). Karya ini sudah siap dinikmati dan bahkan dipamerkan, meskipun tidak semurna.

Ketika sketsa sudah siap. Langkah awal sudah pasti dan sketsa ini mau dilanjutkan ke teknik berikutnya seperti teknik lukis, teknik arsir, patung dan bahkan dilanjutkan kedalam bentuk digital(seperti pembuatan logo). Salah satu contohnya, saya akan melanjutkan sketsa tersebut menggunkan teknik arsir, maka saya harus menangkap gelap-terang/pencahayaan, perbedaan goresan, mirip dengan objek yang dimaksud dan meyempurkan setiap bentuk sehingga visual tersebut sudah tidak ada lagi yang perlu diperbaiki, sehingga secara keseluruhan menjadi karya yang utuh dan tidak kasar lagi seperti halnya pekerjaan pada sketsa, pada tahapan ini adalah karya berupa gambar/drawing.

Potret Jenderal Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto Presiden Ke-2 Republik Indonesia

Potret Jenderal Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto
Presiden Ke-2 Republik Indonesia

 

Gambar model

Gambar model

 

cropped-burung-kakak-tua11.jpg

Ketiga visual diatas adalah contoh dari garapan menggambar/drawing. Sekaran anda suadah bisa membedakan antara perbedaan sketsa dan gambar, Terima kasih anda telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in drawing, drawing pen, sketsa and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pernahkan anda berfikir bahwa sketsa(sketching) dan gambar(drawing) itu sama atau berbeda, ini jawabannya

  1. Sekarang saya sudah paham beda sketsa dengan gambar..

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s