Perlukah imajinasi dalam poster?

poster karya siswa

Poster adalah sarana komunikasi dalam bentuk rupa yang lebih memungkinkan akan sampai atau dapat diterjemahkan lebih cepat dalam hitungan detik, yaitu poster dapat diterjemahkan setelah mata membaca pesan dan hati langsung menterjemahkannya, dibandingkan dengan karya lukis yang perlu banyak waktu untuk menterjemahhkannya, yaitu membahas senimannya dan karyanya, karena dalam seni lukis antara seniman dan karya sangat erat hubungannya. Perlukah imajinasi dalam poster?

 

poster kenakalan remaja

Dalm seni lukis, penikmat diajak berfantasi mengikuti fantasi seorang senimannya, tapi dalam poster tidak, yaitu mengutamakan pesan yang akan disampaikan secepat mungkin, degan kata lain imajinasi dalam poster dibatasi oleh bahasa verbal dan bahas visual, sehingga penikmat dapat menterjehakan dengan cepat pesan-pesan yang ingin disampaikan dalam karya tersebut. Dari kedua bahasa tersebut bisa saling mendukung untuk meterjemahkan maksud dan tujuan dari poster tersebut. Bahasa visual/gambar mendukung bahasa verbal/slogan, begitu juga sebaliknya. Imajinasi-imajinasi dalam poster terkesan dangkal dan datar, sehingga seorang desainer megutamakan pesan dan informasi yang bisa langsung dicerna olejh penikmat. Jadi poster adalah penyampai informasi bukan menghadirkan fantasi.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in poster, poster layanan masyrakat, poster pendidikan, poster teknik lukis and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Perlukah imajinasi dalam poster?

  1. Khalis212 says:

    Tentu! Memang sebelum melakukan pekerjaan, semua itu harus diperhitungkan 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s