Di Indonesia biasa, di luar Indonesia, luar biasa, di Indonesia luar biasa, di luar Indonesia biasa

image

Sebuah pemikiran yang bingung, mungkin anda mengalami hal yang sama, ketika melihat anak muda sekarang yang suka terhadap suguhan-suguhan yang berbau modern atau yang dikenal dengan anak gaul dan anak kolot, alias kampungan.

Ketika anak muda menggunakan bahasa komunikasi dengan bahasa yang tidak jelas kebenarannya itu disebut anak gaul, ketika anak muda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka penilaiannya itu adalah anak yang tidak gaul, itu anggapan anak kekinian.

Ketika menggunakan barang impor, penilaian mereka adalah gaul dan mengukuti perkembangan zaman, ketika mereka menggunakan budaya sendiri, maka penilaian miring pasti diungkapkan seperti mau ke kondangan, apa mau ke pengajian, atau saya seperti kakek-kakek, bajunya unik.

Di Indonesia biasa, di luar Indonesia, luar biasa, di Indonesia luar biasa, di luar Indonesia biasa, saya sangat malu ketika temanku mengatakan hal itu, “mengapa anda mau keluar dari budaya anda, bagaimana budaya anda hadir di dunia modrn seperti ini” orang yang hidup di negeri Paman Sam itu. Saya sangat sadar apa yang akan dijadikan jatidiri di mata dunia, mengejar teknologi, mereka malah tambah jauh dan pintar, Saya benar-benar bingung. Memang gunung yang tinggi ketika dilihat dari jauh, sedangkan orang yang tinggal diketinggian tidak merasakan bahwa ia berada ditempat yang tinggi. Mari cintai budaya sendiri, bahkan mereka berusaha belajar dengan benar budaya kita.

Diatas adalah foto tikar tradisi yang terbuat dari bahan alam, saat itu saya duduk bersila diatasnya, dan terbesit apakah anak cucuku akan mencitai Indonesia dan budayanya, ketika mereka menjadi pengganti.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in Remaja and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Di Indonesia biasa, di luar Indonesia, luar biasa, di Indonesia luar biasa, di luar Indonesia biasa

  1. ohna2s says:

    Sampai kudu baca dua kali judulnya 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s