Nasi, makanan pokok Nusantara

image

image Padi, sangat berkaitan sekali dengan beras dan nasi sebagai makanan pokok masyarakat Nusantara. Roti, bukan makanan pokok orang Indonesia kebanyakan, jika makan roti biasanya pada saat rekreasi, jalan-jalan dan orang yang sedang sakit, baru makan roti. Pada dasarnya roti dan nasi sama, tapi bentuk dan rasanya sangat berbeda, jika masyarakat kebanyakan makan roti hampir kenyang ataupun kenyang, itu bukan merupakan kegiatan makan, ” saya belum makan, cuma makan roti satu bungkus” jika belum makan nasi, itu juga belum makan. Di kota tetangga Probolinggo, mempunyai program pembiasaan pola makan yang berbeda yaitu ” dalam satu minggu, satu hari tidak makan nasi” mskanan pokok diganti dengan makanan lain yang juga mengandung karbohidrat, sebagai cara agar tidak ketergantungan pada nasi.

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in Nuasantara and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Nasi, makanan pokok Nusantara

  1. nengwie says:

    Meski sudah termasuk lama di LN, teteep perut ko ngga puas kalau belum ketemu Nasi hehe

    Like

  2. ohna2s says:

    “Jika belum makan nasi, itu bisa berarti belum makan.” bener banget nih mas. Mungkin karena dari kecil kita udah biasa kenyang dengan nasi 🙂

    Like

    • Ramliong says:

      Benar, istilahnya perut nasi. Mas biasanya puncaknya hujan di Bondowoso akhir januari dan awal februari, banji 2008 di Situbondo sekitar Februari pertengahan sekitar bulan ada di atas pantai Panarukan, mohon Infonya jika hujan deras di Bondowoso.

      Like

  3. leo says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ” Nasi, makanan pokok Nusantara “.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    Like

    • Ramliong says:

      Saya sudah melihat web anda, itu sangat mengesankan dan ini adalah cara saya untuk mengenalkan Indonesia pada dunia lewat desa kecil kami, terima kasih telah berkunjung.

      Like

Leave a comment