Indonesia kaya

Indonesia kaya. Ini yang saya lihat, saya rasakan dan saya nikmati. Saya pernah bertanya pada siswa saya” Indonesia ini kaya dan sangat berbeda dengan negara lain, bahkan Indonesia sangat dimanja dengan kekayaan yang melimpah, bagaimana merut kalian?” salah satu dari siswa menjawab ” menurut saya biasa-biasa saja pak.” dalam hati saya menangis, jika seusia SMA mengatakan seperti itu, kira-kira dalam otaknya berisi informasi apa ya?, miris, jika mereka tidak tahu lingkungan mereka sendiri, jika tidak tahu apa yang ia tahu, berarti tanda tanda tidak sayang, jika tidak sayang terhadap lingkungannya sendiri, mudah-mudahan dan saya berdoa tanah ini tidak menjadi kenangan.

image

image

Foto di atas, saya ambil ketika bertemu dengan salah satu dari masyarakat pantai yang baru saja pulang dari mencari ikan di pesisiran.

Indonesia dimanja, ketika bercerita salju, di Indonesia juga ada, hutan apalagi, laut, gunung, dan Afrika van Java (Taman Nasional Baluran). Mari kita cintai tanah air kita dari desa kecil masing-masing dan sekolah masing-masing, karena dua zona itu merupakan kumpulan masyarakat untuk masa depan.

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in nusantara and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Indonesia kaya

  1. mas huda says:

    Saya setuju sekali pak, betul banyak yang tak cinta

    Like

  2. Ramliong says:

    benar, jika tak cinta, bisa tinggal kenangan, lapar bisa ditukar, mudah-mudahan tidak terjadi.

    Like

  3. Ryan says:

    Indonesia sangat kaya mas. Tapi sayangnya jarang yang mengetahui dan menjaga kekayaan itu. Sampai akhirnya ada yang mengambil kekayaan yang disia-siakan itu dan ramai deh.

    Like

Leave a Reply

