Kaonjengan dalam tradisi Situbondo

Kaonjengan dalam tradisi Situbondo, adalah sekumpulan msyatakat sekitar yang diundang untuk dimintai pertolongan untuk mendoakan leluhur tuan rumah, mendoakan pernikahan, mendoakan, khitanan dan acara lain yang menyangkut pertolongan doa. Dengan harapan doa dari undangan dapat membantu keinginan dari pihak yang mengundang, itu adalah kegiatan kaonjengan di daerah kami, yaitu Situbondo. Masyarakat seyempat masih menghormati dan melakukan acara tersebut sebagai sarana yang sangat efektif untuk berkumpul dan berdoa bersama sesuai dari keinginan tuan rumah, tentunya adalah keinginan yang positif. Orang-orang akan hadir jika diundang. Undangan ada dua cara yang dilakukan tuan rumah, yaitu cara pertama, mengundang dengan cara lsngsung datang kerumah mading-masing mengutarakan maksud dan tujuan.

image

Cara kedua, dengan cara menebar undangan pada nama-nama peserta undangan yang diberikan oleh tuan rumah. Sekilas kaonjengan di Situbondo.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
Gallery | This entry was posted in Batik Situbondo, Kuliner Nusantara, nusantara, Situbondo, Tak Berkategori and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s