Kue tradisional Situbondo yang masih populer dan bebas bahan kimia

Kue tradisional Situbondo yang masih populer dan bebas bahan kimia. Pernahkan anda mendengar “gunyeleng”/Gellung teleng (M) bentuk dari kue tersebut mirip dengan limas segi tiga, tapi untuk sisinya tidak betaturan tidak sama sisi “perot” (M). Ada “Katopak” (M) Ketupat atau Tipat(B) jenis ini sering muncul di hari raya Idul Fitri, acara tunangan, rasol, dan tahlilan, acara rokat(M)/melukat(B). Tak kalah menariknya dengan kue yang satu ini yaitu “Leppet”(M), kue jenis ini terbuat dari betas ketan biji kacang panjang. Kue ini sangat populer seperti celana pensil, karena kue ini sering dipadankan dengan perempuan yang menggunakan celana pensil yaitu singset, berisi, dan padat itilah karater dari kue tetsebut.

image

Kue di atas adalah kue tradisional yang masih populer di kalangan masyarakat Situbondo dan kue ini tidak menggunakan tambahan bahan-bahan kimia sebagai penambah tampilan dan rasa dari kue tersebut.

M= Bahsa Madura
B= Bahasa Bali

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in Budaya, Kuliner Nusantara, nusantara, seni budaya, Tak Berkategori and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s