Lukis adalah: Imajinatif, kebebasan menuangkan ide

Lukis adalah: Imajinatif, kebebasan menuangkan ide dan menggunakan bahan kedalam bidang dua dimensi, sedangkan dua dimensi mempinyai ukauran panjang dan lebar/luas. Lukis sendiri adalah aplikasi dari sebuah pemikiran olah rasa, olah lingkungan, dan menilai dari gejala-gejala sosial sehingga dapat menjadi sarana komunikasi antara pemilik ide dan masyarajat luas, sehingga lukisan tersebuat berupa bahasa fisual yang terjemahannya akan mengacu pada setiap lapisan masyarakat yang menikmatinya, jadi seorang seniman akan menyuguhkan suatu rupa-rupa/simbol-simbol yang sekiranya masyarakat akan mengerti, mencari tahu, dan bertanya. Simbol tidak tersembunyi dan juga tidak terlalu fulgar, sehingga semua tingkatan masyarakat bisa menikmati informasi yang disuguhkan oleh seorang seniman tetsebut, beda dengan kerjinan lukisan, dari ujung dunia sampai ke ujung dunia banyak orang yang memiliki lukisan tersebut. Perlu diketahui status dimana kita membeli lukisan tersebut, contoh:
– Pasar seni
– Showroom
– Galeri
– Museum

image

Silahkan dimana anda mendapatkan lukisan tersebut, pasti anda sangat mengerti tentang nilai uang yang harus anda keluarkan.

Lukis, gampangnya saja yaitu kegiatan menuangkan hasil olah kedalam dua dimensi/kanvas, dengan bahan dan teknik yang bebas. Kaedah teknik dan bahan perlu diperhatikan sehingga hasil dan tampilannya akan memukau. Alf menuliskan “melukis itu sebuah kehormatan” dapat saya simpulkan bahwa karya dan senimannya adalah sama, sebuah harga diri. Semoga bermanfaat.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in lukis, seni lukis, seni murni and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s