Meja unik, dengan sentuhan teknik lukis kaca,dipadu degan visual etnik Bali dan Mamadura.

Meja ini sebagai pemanis di ruang tamu. Sedikit berbeda dengan meja pada umumnya menggunakan taplak meja, dan harus mengganti jika taplak tersebut sudah usang, tapi jika anda mencoba seperti yang saya lakukan ditahu 2004 lalu, saya memberikan sentuhan etnik Bali dan Madura.

Meja ini, pada kacanya saya buat sedikit berbeda yaitu memberikan sentuhan teknik lukis kaca, yaitu melukis dari belakang atau terbalik. Tetap melukis tapi dengan teknik terbalik. Pada meja tersebut saya memberikan dua sentuhan etnik Bali dan Madura.

Bali

image

Foto diatas menunjukkan rua bineda/dua berbeda yaitu pada motif kotak putih, abu-abu, dan hitam, itu menunjukkan sebuah proses dalam filosofi masyarakat Bali, disana juga ada teknik gradasi warna biru, namun biru tersebut terasa beriah dan pop, tapi penurunan warna tersebut sering muncul pada ragam hias, lukis tradisi dan wayang di Bali.

Madura

image

Anda bisa merasakan ketika melihat stilasi di atas, bahwa dari segi pewarnaan sangat terasa sekali bahwa warna-warna tersebut sangat kental dan identik sekali dengan warna kesukaan orang Madura yaitu hijau, kuning , dan merah. Stilasi diatas menunjukkan aplikasi dari motif flora/ tumbuhan.

meja secara keseluruhan

image

image

Secara keseluruhan masih serasi dan tampak anggun ketika ada dua unsur etnik yang masuk pada karya tersebut, paduan warna yang bernuansa etnik dan pola-pola gemetri yang sangat sederhana, sehingga etnik tetap menjadi titik perhatian dari karya tersebut. Jika anda dirumah menghadirkan nuansa etnik, maka tamu anda tidak merasa bosan dan merasa betada di dunia masyarakat tersebu. Dari gubuk kecil kami untuk Indonesia.

 

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in Kuliner Nusantara, nusantara, Tak Berkategori and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s