Ikan Tongkol/jukok cakalan, menu Ramadan, khas Situbondo

image

Ikan Tongkol/jukok cakalan, menu Ramadan. Tongkol ini sbaiknya di panggang. dan untuk sausnya bisa menggunakan saus tiram dan petis ikan. Jika anda nenggunakan:

1. Saus tiram, resepnya: Saus tiram, bawang putih, cabe sesuai selera dan jeruk nipis. Cara membuatnya dengan teknik tumis, untuk jeruk nipisnya dipasang pada saat tumisan tersebut siap saji.

2. Petis ikan, untuk petisnya sesuai selera, petis Panarukan dan petis Masura, untuk petis anda bisa menggunakan jeruk nipis, cuka blonde/Belanda/Belenthe, dan blimbing wuluh, pilih saja sesuai selera anda.

Untuk ikan sebenarnya anda bisa memilih untuk bahan yang akan dipanggang, ini saya perkenalkan di daerah tercinta Situbondo, tepatnya di daerah “geledek beceng”, Panarukan.

image

Tempat ini akan ramai pengunjung jika sore hari, anda jangan ketempat ini jika pagi hari, karena pagi hari tidak ada orang yang jualan. Pagi hari, anda bisa ke TPI dan pasar ramai Panarukan. Terima kasih dan selamat berkunjung.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in kuliner, Kuliner Nusantara, Tak Berkategori and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s