Nase’ Bukbuk, Jenis nasi yang melegenda di Situbondo dan Bondowoso

Nase’ Bukbuk, Jenis nasi yang melegenda di Situbondo dan Bondowoso. Dua Kabupaten ini mengenal nasi yang sangat faforir yaitu nase’ bukbuk, jenis nasi yang satu ini tidak semua para ibu tau cara membutnya ataupu membuat nasi yang satu ini. Saya tertarik sekali untuk mengulasnya, saat saya mau berbuka puasa di meja ada nasi yang sangat jarang ditemui di rumah masyarakat saat ini, saya bertanya pada istri “kok baru sekarang membut nasi seperti ini” istri saya menjawab “tidak, bukan saya yang membuatnya” saya sudah menduga bahwa bukan istri saya yang membuatnya, ternyata nasi itu dikasi tetengga yang usianya lima puluh lima tahun, jika para ibu yang berusia kisaran itu, pasti sangat pandai, jika para ibu berusia 20-30 tahun, saya bisa yakinkan dan dipastikan tidak bisa membuatnya, maaf jika ada yang bisa membuatnya.

image

Dalam sejarah dua kabupaten tesebut, karena dizaman kurang enak, zaman terjajah dan kekurangan, maka timbullah ide yang memanfaatkan nasi sisa di campur dengan tepung jagung yang agak kasar, lalu nasi percampuran tersebut diasap lagi alias dimasak kembali agar bisa dimakan dan tidak terbuang. Itu zaman paceklik, tapi dizaman ini banyak masyarakat kekinian yang memunculkan kembali menu tradisi ini untuk penyembuhan, sedangkan nasi yang dicampurkan adalah nasi yang masih bagus.

Nase’ Bukbuk ini bisanya dilingkapi dengan terong asap(toap), ikan teri, cakalan/ikan tongkol, tahu, dan tak ketinggalan yaitu sambal trasi(sambel acan) pedas lebih mantap.

Itu sekelumit tentang nasi dua kabupaten yang melegenda. Dari desa kecil kami untuk Indonesia.

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in Kuliner Nusantara and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Nase’ Bukbuk, Jenis nasi yang melegenda di Situbondo dan Bondowoso

  1. ohna2s says:

    Buat aku ini nasi special mas. Karna dari “jarangnya” yang buat, kalau didaerahku tiap ada yang buat pasti dibagi-bagikan ke tetangga. Bahkan kalau pas orang tua dari salah satu temen lagi buat nasi ini, dia ngga lupa buat sms aku hehee..

    Salam kenal mas, dari Bondowoso

    Like

Leave a Reply

