desain grafis/gratis

desain gratis

Kadang, mungkin dan kalau itu terjadi, bahkan terjadi. sebua fenomena di dunia desain grafis, ada sebuah semacam pencarian, mencari kreatifitas, ide, dan gagasan. itu tidak cukup seperti olah rasa dan olah lingkungan, tapi tidak sambil olah raga. saya ingat pada saat dibangku kuliah ada istilah yang agak tidak nyaman didengar, seperti ini, sebuah proyek, tapi “proyek thank you”/proyek terima kasih pada saat itu bayak dari jurusan lain minta tolong membuatkan media pembelajran, ya bagaimana lagi… saya kerjakan. mungkin ini hanya terjadi pada saya.

Diera ini juga saya melihat di pusat pencetakan, seperti jasa cetak banner yang menggunakan mesin ploter,  untuk jasa desain, itu gratis, hanya bayar permeter untuk ongkos cetaknya saja, itu yang disebut desain gratis.

Dalam kajian kesenirupaan ini adalah hal yang sangat menarik dan unik, seperti desainer menjadi tukang desain, halnya fotografer menjadi tukang foto, pelukis/perupa disebut juga tukang lukis, dan juga juru gambar menjadi tukang gambar. hal itu yang menjadi perancang rupa, itu merupakan sebuah beban moral yang harus ditanggung, sekali karya mereka tidak meyakinkan, maka seunur hidup mereka akan menanggung perasan kurang nnyaman dan kekecewaan. itu yang saya pikirkan, mungkin terjadi.

Advertisements

About Ramliong

Berkarya dalam bentuk rupa
This entry was posted in desain and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s